9 Faktor Resiko Pembentukan Polip Hidung

9 Faktor Resiko Pembentukan Polip Hidung,- Setiap kondisi yang memicu peradangan kronis terutama di saluran hidung atau sinus akibat infeksi atau alergi dapat meningkatkan seseorang pada risiko terkena polip hidung. Polip hidung dapat mengancam atau terjadi pada siapa saja tanpa mengenal jenis kelamin atau usia. Meskipun polip hidung lebih rentan atau paling umum terjadi pada laki² dewasa berusia di atas 40 tahun. Polip hidung yang terjadi pada kalangan anak² dapat menjadi tanda adanya fibrosis kistik.

Banyak juga peneliti mengungkapkan bahwa gejala hidung meler, mata gatal, berisn dan gejala alergi lainnya dapat menjadi penyebab pembentukan dari polip hidung. Sementara itu, periset lain percaya bahwa pembentukan polip hidung disebabkan oleh infeksi sinus, yang menghambat drainase dan menyebabkan jaringan membengkak.

9 Faktor Resiko Pembentukan Polip Hidung

 9 Faktor Resiko Pembentukan Polip Hidung

  1. Penggunaan aspirin berlebih dapat menyebabkan kepekaan pada beberapa orang cenderung mengembangkan polip hidung karena memiliki respon alergi
  2. Sindrom ChurgStrauss, penyakit langka yang menyebabkan radang pembuluh darah
  3. Alergi jamur
  4. Rhinitis alergi atau demam sering menyebabkan radang saluran hidung, terutama jika demamnya tak henti² dan sulit ditangani, sehingga mengembangkan iritasi pada hidung yang disertai dengan gejala hidung meler atau tersumbat akibat penumpukan lendir di bagian hidung.
  5. Sistem kekebalan tubuh yang lemah
  6. Asma, di mana penyakit ini banyak menyebabkan peradangan dan penyempitan pada jalan napas secara keseluruhan.
  7. Cystic fibrosis, merupakan kondisi kelainan bawaan yang mempengaruhi organ tubuh seperti hati, paru-paru, pankreas, dan usus. Di mana hal ini menyebabkan produksi lendir yang tidak normal di saluran napas dari selaput hidung dan sinus. Kondisi ini yang terjadi pada anak², disebabkan karena ketidakmampuan anak dengan cystic fibrosis untuk menghilangkan penumpukan mukosa yang berlebihan di tubuh mereka, yang dapat bermanifestasi juga di bagian sinus sebagai polip hidung.
  8. Infeksi pada sistem pernafasan bagian atas, teruatam jika adanya gejala termasuk hidung berair atau tersumbat sehingga memungkinkan risiko pengembangan polip hidung. Alasan ini adalah karena infeksi virus yang konstan tidak memungkinkan saluran hidung untuk sembuh dari peradangan sehingga terjadi pembentukan polip hidung.
  9. Sinusitis kronis dapat menyebabkan peradangan di bagian hidung yang terus terjadi tanpa banyak istirahat. Sehingga peradangan yang konstan di sinus kemudian memicu pembentukan polip hidung

Pada kasus kecil dari polip hidung biasanya tidak bersifat berbahaya. Namun pada kasus yang parah, penglihatan ganda dan apnea tidur obstruktif dapat terjadi. Di mana keduanya merupakan kondisi berbahaya yang bahkan dapat mengancam jiwa. Sehingga jika anda mengalami gejala ini sudah melebihi waktu 2 minggu, sangat penting untuk segera berkonsultasi ke dokter. Itulah sedikit ulasan mengenai 9 Faktor Resiko Pembentukan Polip Hidung, semoga informasinya bermanfaat dan lekas sembuh..


SEGERA KUNJUNGI >>> Pengobatan Penyakit Tradisional Polip Hidung Tanpa Operasi

9 Faktor Resiko Pembentukan Polip Hidung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s